Senin, 15 April 2013

Peluang Usaha

BAB I
Pendahuluan
 
1.1  Latar Belakang
Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan potensi diri untuk menjadi wiraswasta. Peluang usaha dapat diraih oleh siapa saja yang mau berusaha dengan giat. Makalah ini membahas secara lebih rinci agar kita dapat meraih peluang usaha.Dalam menjalankan usaha ada beberapa resiko terjadinya kegagalan, dalam makalah ini juga dijelaskan mengenai hal tersebut. Agar kita dapat mengantisipasi kemungkinan kegagalan.
1.2 Tujuan
1. Agar pembaca mengetahui arti dari peluang usaha;
2. Agar pembaca mengetahui cara meraih peluang usaha;

3. Agar pembaca mengetahui cara pengembangan ide kreatif dan inovatif; dan
4. Agar pembaca mengetahui faktor keberhasilan dan kegagalan usahal.
 

BAB II
Pembahasan
2.1 Peluang Usaha
Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan potensi diri untuk menjadi wiraswasta.
Cara meraih  peluang usaha :
1.    Kenali potensi diri
Mengenal potensi diri itu sangat penting, karena jika kita telah mengenal potensi dalam diri kita, kita dapat mengetahui bidang yang mampu kita tekuni dengan senang hati. Tentunya jika jenis usaha yang kita lakukan sesuai dengan potensi diri kita, serta kita menjalaninya dengan sengan hati dan ikhlas, akan memberi dampak positif bagi usaha yang ingin kita kembangkan.
2.    Fokus
Jika kita telah memahami potensi diri yang kita miliki dan mulai mengembangkan hal tersebut menjadi bidang usaha kita. Maka lakukanlah dengan tekun dan jangan tergiur dengan usaha-usaha lain yang ditawarkan orang lain. Karena jika kita terlalu banyak menggarap berbagai usaha, akan mempersulit kita untuk fokus, sehingga dapat menyebabkan terbengkalainya semua yang kita garap, dikarenakan terlalu sibuk dengan banyak hal.
3.    Minat beli
Kita harus mempertimbangkan apakah produk yang akan kita hasilkan itu akan banyak diminati orang atau malah sebaliknya. Kita harus mampu mengenalkan produk yang kita miliki dengan percaya diri dan tentunya dengan menunjukan kelebihan yang dimiliki yang belum tentu dimiliki oleh produk lain. Mengetahui minat beli konsumen sangat penting untuk kelangsungan usaha kita di masa depan.
4.    Pertahanan
Dalam meraih peluang usaha kita harus bertahan dengan berbagai kemungkinan yang terjadi dalam menjalankan usaha yang sesuai dengan potensi diri kita. Karena tanpa pertahanan, apa yang telah kita rancang dan mungkin baru saja berjalan, bisa saja hilang bagai debu. Karena sikap kita yang lemah terhadap berbagai benturan yang dihadapi dalam berusaha.


Sejatinya peluang usaha dapat diciptakan dan diraih oleh siapa saja, yang memang berkeinginan kuat untuk maju dan tentunya disertai perjuangan yang tidak mudah. Banyak sekali orang yang gagal memanfaatkan peluang usahanya karena sikap pesimisnya yang tinggi. Dalam meraih peluang usaha tidaklah mudah, tetapi setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Setelah menanam pasti ada yang kita tuai. Maka jangan putus asa dan pantang menyerah. Jadilah pengusaha yang tangguh untuk menjemput peluang usaha dan meraih kesuksesan.


2.2 Risiko usaha
Beberapa risiko usaha yang mungkin terjadi,sebagai berikut :
1.    Perubahan permintaan
2.    Perubahan konjugtur
3.    Persaingan
4.    Akibat lain, seperti perubahan teknologi,peraturan,bencana dll.
 
2.3 Pengembangan ide Kreatif dan Inovatif
 
1. Pengertian Kreatif
Menurut Coleman dan Hammam,Berpikir kreatif ialah berpikir yang   menghasilkan metode baru,konsep baru,pengertian baru, dan seni baru
 
2. Ciri-ciri dan sifat berpikir kreatif
Bahwa orang yang mempunyai kreativitas yang tinggi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 
·         Fleksibel atau luwes
·         Tidak konvesional
·         Eksentrik (aneh)
·         Bersemangat
·         Bebas
·         Berpusat pada diri sendiri
·         Kerja keras
·         Berdedikasi dan inteligen
 
3. Tahap-tahap Berpikir Kreatif
Menurut Rawlinson,berpikir kreatif melewati tahapan sebagai berikut :
·         Tahap persiapan
·         Tahap usaha
·         Tahap inkubasi
·         Tahap pengertian
·         Tahap evaluasi
 
4. Pengertian dan arti penting Inovasi
Inovasi ialah penemuan atau terobosan yang menghasilkan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya atau mengerjakan sebuah produk yang ada tapi dengan cara yang baru.
5. prinsip-prinsip Inovasi
a. Prinsip keharusan
 
·         Keharusan menganalisis peluang
·         Keharusan memperluas wawasan
·         Keharusan bertindak efektif
·         Keharusan realistis
 
b. Prinsip larangan
c. Larangan berlagak pintar
d. Larangan untuk rakus
e. Larangan berpikir terlalu jauh ke depan
f. Mengembangkan cara berpikir inovatif
 
Untuk mengembangkan cara berpikir inovatif ialah sebagai berikut :
·         Biasakan memiliki mimpi
·         Perkayalah sumber ide
·         Biasakan diri menerima perbedaan dan perubahan
·         Tumbuhkan sifat empati
 
2.4 Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
1. Faktor keberhasilan usaha
 
Faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha,antara lain :
·           Perencanaan yang tepat dan matang
·           Visi,misi dan dedikasi yang tinggi
·           Komitmen dan dana
·           SDM handal dan teknologi tinggi
·           Kebutuhan konsumen yang terpuaskan
·           Sarana dan prasarana dan sebagainya
 
 
Faktor-faktor pendukung keberhasilan perusahan sebagai   berikut :
a.    Faktor manusia
b.    Faktor keuangan
c.    Faktor organisasi
d.    Faktor perencanaan
e.    Faktor mengatur usaha
f.     Faktor pemasaran
g.    Faktor administrasi
h.    Faktor fasilitas pemerintah
i.     Catatan bisnis
 
2. Faktor kegagalan usaha
a.    Analisis kegagalan usaha
Dengan adanya kegagalan usaha, maka wirausahawan melakukan hal seperti berikut :
1.    Mencari masalah-masalah yang ada
2.    Mencari permasalahanya
3.    Mengetahui cara-cara untuk menghilangkan kegagalan usaha
b.    Mengidentifikasi kegagalan usaha 
3. kegagalan usaha dapat diidentifikasi sebagai berikut :
·           Kebiasaan menunda waktu
·           Ketekunan dan ketakwaan yang kurang
·           Kepribadian yang negatif
·           Kebiasaan yang boros
·           Kebiasaan hati-hati yang berlebihan
·           Faktor kegagalan usaha
 
4. Beberapa faktor yang menyebabkan kemungkinan kegagalan dalam pencapaian tujuan usaha.
·           Kepribadian yang bersifat negatif
·           Perasaan takut disaingi orang lain
·           Berlagak pintar
 
5. Berbagai kelemahan di dalam usaha atau bisnis antara lain :
·           Tidak mempunyai perencanaan usaha
·           Tidak memiliki pendidikan yang relevan
·           Tidak berorientasi ke depan
·           Jarang mengadakan inovasi
·           Tanpa pembukuan yang teratur
·           Tidak mengadakan analisis pasar
·           Cepat puas diri
 
1.   Mengidentifikasi kegagalan para wiraushawan
NO
Karakterisistik profil
Ciri wirausahawan yang gagal
1
Dedikasi
Meremehkan waktu dan dedikasi pribadi
2
Pengendalian usaha
Gagal mengendalikan aspek utama usaha
3
Pengalaman manajemen
pemahaman terhadap disiplin manajemen utama kurang
4
Pengelolahan piutang
Masalah arus kas yang buruk
5
Memperluas usaha berlebihan
Memulai suatu program perluasan usaha sebelum berbisnis
6
Perencanaan keuangan
Meremehkan kebutuhan usaha atau bisnis
7
Lokasi usaha
Memilih lokasi usaha yang buruk
8
Pembelanjaan besar
Pengeluaran awal yang tinggi
 
 
BAB III
Penutup
3.1  Kesimpulan
Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan potensi diri untuk menjadi wiraswasta. Beberapa risiko usaha yang mungkin terjadi,diantaranya sebagai berikut: perubahan permintaan, perubahan konjugtur. Faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha,antara lain: perencanaan yang tepat dan matang visi,misi dan dedikasi yang tinggi Komitmen dan dana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar